Peraturan Lomba Basket

  • Posted on: 15 December 2011
  • By: Helmi Farid Fasya

 

1.    PERATURAN PERMAINAN

a.    Peraturan permainan yang digunakan dalam kejuaraan PORSENI MIPA XVII adalah peraturan FIBA yang terbaru dan di anggap mengerti .

b.    Pemain tiba 30 menit sebelum pertandingan.

c.    Bola pertandingan menggunakan bola Molten GG 6, dari pihak panitia akan menyediakan  bola pemanasan.

2.    SISTEM PERTANDINGAN

a.    Sistem pertandingan menggunakan sistem gugur.

b.    Waktu pertandingan penyisihan 4x7 menit, 2 menit quarter 4 waktu bersih. 1 menit  terakhir di quarter 1, 2 dan 3 tidak di perkenankan mengambil team out & pergantian pemain.

c.    Waktu pertandingan semi final dan final 4 x 10 menit dan 2 menit quarter 4 waktu bersih.

d.    Peserta tidak boleh berasal dari sekolah yang berbeda, dan harus berasal dari satu sekolah yang sama dan berstatus aktif menjadi siswa di sekolah yang mendaftar.

e.    Apabila terdapat peserta yang berasal dari sekolah yang berbeda dan tidak berstatus aktif di sekolah yang mendaftar maka team sekolah tersebut akan di diskualifikasi.

3.    WASIT

a.    Untuk memimpin kejuaraan bola basket PORSENI & MIPA XVII SMA KORPRI BEKASI,  wasit di tunjuk oleh pengcap perbasi kota bekasi.

b.   Penugasan wasit ditentukan oleh bidang perwasitan PB. PERBASI.

4.    PROTES

a.    Protes dapat diajukan secara tertulis, 30 menit setelah pertandingan selesai, disertai uang Rp   2.000.000,- (Dua Juta Rupiah) kepada pengawasan pertandingan.

b.    Keputusan Technical delegate adalah MUTLAK.

5.    SANKSI TERHADAP PEMBUAT ONAR DAN PEMOGOKAN

a.    Apabila menurut pengamatan serta pertimbangan dari pengawas pertandingan ada pemain atau official membuat keonaran, maka yang bersangkutan dikenakan sanksi, dan regunya dinyatakan kalah (didiskualifikasi).

b.    Apabila karena suatu sebab, sehingga pertandingan berhenti wasit akan memberikan waktu paling lama 5 menit kepada kapten regu/team yang sedang bertanding, jika waktu 5 menit tersebut sudah dilalui dan regu/team tersebut dinyatakan kalah didiskualifikasi.

6.    SANKSI TERHADAP REGU / TEAM YANG TIDAK HADIR

a.    Regu/team yang tidak hadir di tempat pertandingan yang ditentukan tanpa memberikan alasan yang dapat diterima oleh pengawas pertandingan. Maka regu/team dianggap melakukan pemogokan.

b.   Jika tindakan seperti yang ditentukan pada poin diatas dilakukan oleh regu/team yang didiskualifikasi dan tidak boleh mengikuti pertandingan selama kejuaraan PORSENI  & MIPA XVII SMA KORPRI BEKASI.

c.    Dalam keadaan seperti yang ditentukan pada poin ke-2  diatas dan suatu regu/team mengundurkan diri pada saat pertandingan belum berakhir, maka perhitungan angka yang diperoleh lawannya dianggap tidak ada (dibatalkan).

7.    GANGGUAN

Apabila gangguan yang mengakibatkan pertandingan terpaksa dihentikan. Maka penyelesaian gangguan tersebut di hitung sampai 30 menit. Jika setelah 30 menit gangguan tidak dapat diatasi, maka:

a.    Apabila gangguan terjadi pada babak I, pertandingan akan diulang seluruhnya.

b.    Apabila gangguan terjadi pada babak II s/d III maka pertandingan akan di anggap selesai dengan waktu yang masih tersedia.

c.    Apabila terjadi di babak II, maka pertandingan dianggap selesai dan skor dianggap sah.

d.    Apabila gangguan pada babak tambahan maka pertandingan akan di berhentikan dan skor  di anggap sah. Bila skor sama, maka pertandingan di babak tambahan akan diulang seluruhnya dengan skor di teruskan.

8.    KOSTUM PEMAIN

a.    Pemain menggunakan kostum terang saat pertandingan, jika pemain menggunakan kostum selain yang bewarna putih maka kostum tersebut di sebut kostum bewarna gelap.

9.    PENUTUP

Hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam peraturan pertandingan ini, akan ditetapkan kemudian oleh pihak pelaksana.