Peraturan Lomba Peraturan Baris Berbaris (LPBB)

  • Posted on: 12 October 2015
  • By: Helmi Farid Fasya

KETENTUAN UMUM

a) Ketentuan Peserta

1. Peserta adalah pelajar SMP/sederajat yang terdaftar di sekolah yang bersangkutan.
2. Ketentuan pelaksanaan LPBB mengacu pada juklak Skep Pangab Nomor: Skep/611/ X/1985 tanggal 8 Oktober 1985.
3. Peserta LPBB wajib mengisi formulir yang disediakan panitia PORSENI MIPA XVII dan disahkan pejabat sekolah asal peserta.
4. Setiap sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) pleton.
5. Peserta 1 pleton berjumlah 15 orang pasukan dan 1 komandan pleton dengan barisan 3 barisan bershaf, 5 banjar dan menyiapkan maksimal 3 orang cadangan.
6. Peserta putra/putri (homogen) atau campuran (heterogen).
7. Untuk apel pembukaan peserta LKBB diwajibkan berjumlah 1 pleton dan apel penutupan peserta minimal berjumlah 7 orang termasuk danton sebagai perwakilan.
8. Pergantian anggota regu:
a. Pergantian anggota dapat dilakukan sebelum masuk ke daerah persiapan 1 dan terlebih dahulu memberi konfirmasi kepada panitia.
b. Pergantian anggota hanya dapat dilakukan apabila anggota yang bersangkutan tidak memungkinkan untuk tampil.
c. Anggota pengganti adalah anggota yang tercatat pada panitia sebagai anggota cadangan.
9. Peserta wajib menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan area lomba.
10. Pelanggaran terhadap tata tertib oleh peserta lomba dapat mengakibatkan pengurangan point dari nilai akhir.
11. Peserta tidak boleh berasal dari sekolah yang berbeda, harus berasal dari satu sekolah yang sama dan berstatus aktif menjadi siswa di sekolah yang mendaftar.

b) Ketentuan Pendaftaran

1. LPBB    : 10 Desember 2017 s/d 18 Februari 2017
2. Waktu Pendaftaran  : 10.00 WIB – 15.00 WIB
3. Tempat Pendaftaran  : SMA KORPRI BEKASI (depan mabes osis)
Jl. RS. Mekarsari Kelurahan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur
4. Administrasi Pendaftaran :
• Formulir Pendaftaran
• Surat Keterangan Sekolah (SKS)
• Pas Foto terbaru, berwarna, ukuran 3x4 (2 lembar) memakai PSAS tiap anggota, komandan, cadangan dan mencantumkan nama pelatih.
• Biaya Pendaftaran LPBB Rp 100.000,-/regu
5. Informasi dan konfirmasi lebih lanjut :
• Aslama Wahyu R  :  082211577971
• Faathira Anzilny F   :  08568104017
• Rizka Denia N.O  :  087877100324
• Official Account Line  : @iyc0145b (pakai ‘@’)
c) Ketentuan Technical Meeting

1. Hari, Tanggal  : Sabtu, 11 Februari 2017
2. Waktu   : 08.00 WIB s/d selesai
3. Tempat   :
*Wajib mengikuti technical meeting (TM)
*Juklak harap dibawa saat technical meeting
*Diharapkan datang 15 menit sebelum technical meeting dimulai
*Dihadiri 2 orang perwakilan

d) Ketentuan Daftar Ulang

1. Daftar ulang dilaksanakan pada saat perlombaan, tanggal 22 Februari 2017
2. Daftar ulang dibuka mulai pukul 06.00 WIB s/d 06.45 WIB
3. Daftar ulang peserta LPBB oleh perwakilan regu (pelatih/danton)

e) Ketentuan seragam/pakaian peserta

1. Pakaian peserta adalah pakaian yang sesuai diperuntukan sebagai pakaian lomba. Tidak diperkenankan memakai PDU 1 dan atribut instansi seperti TNI/POLRI.
2. Penilaian mengenai keseragaman regu peserta meliputi keseragaman atribut, warna, dan perlengkapan lainnya, kecuali komandan pleton dapat berbeda.
3. Regu peserta wajib menggunakan penutup kepala seperti baret, topi, peci, atau yang lainnya.
4. Nomor regu dikenakan oleh komandan pleton pada pinggang kanan.
5. Dilarang membawa atau memakai atribut yang tajam dan mengancam keselamatan orang lain.

f) Ketentuan Penggembira

1. Penggembira dapat memberikan dukungan dengan sportif kepada peserta lomba dengan tetap menjaga keamanan, ketertiban, tali persaudaraan dan sportifitas.
2. Penggembira wajib ikut serta dalam menjaga ketertiban lingkungan lomba serta persatuan dan kesatuan antar peserta.
3. Penggembira dilarang keras membawa senjata tajam, senjata api, minuman keras, rokok, narkoba, dan benda-benda yang berbahaya dalam bentuk apapun di lingkungan SMA KORPRI Bekasi.
4. Penggembira yang melanggar ketentuan ini akan dikeluarkan dari sekitar area lomba.
     


KETENTUAN KHUSUS

a) Ketentuan Pokok LPBB

1. Regu yang akan tampil melakukan persiapan di Daerah Persiapan (DP)
Catatan :
 Daerah Persiapan I : Absensi dan pengecekan kelengkapan
 Daerah Persiapan II : Pemotretan
 Daerah Persiapan III : Persiapan peserta
 Daerah Persiapan IV : Garis awal lapangan
2. Peserta masuk ke lapangan lomba dengan gerakan langkah biasa kemudian menghadap ke Inspektur Perlombaan.
3. Penilaian dan penghitungan waktu dimulai pada saat Inspektur Perlombaan memberi aba-aba / perintah “Laksanakan” dan diakhiri pada saat Inspektur Perlombaan memberi aba-aba / perintah “Bubarkan”.
4. Komandan pleton memimpin penghormatan umum kepada dewan juri dari samping kanan pasukan kemudian melaksanakan lapor kepada Inspektur Perlombaan sebagai berikut “Lapor, regu dengan nomor peserta … siap melaksanakan lomba”, setelah melaksanakan lomba, komandan pleton memberi laporan “Lomba telah dilaksanakan, laporan selesai”. Posisi komandan pleton pada saat melapor pada juri adalah di depan Inspektur Perlombaan dan di tengah pasukan.
5. Posisi komandan pleton pada pasukan lomba saat pelaksanaan lomba berada di kotak danton yang telah disediakan.
6. Ukuran lapangan adalah 20m x 14m.
7. Peserta tampil maksimal 8 menit. Apabila peserta melewati waktu tampil 9 menit akan diambil alih oleh inspektur perlombaan dan dibubarkan.
8. 2 menit terakhir waktu lomba akan diberitahukan kepada peserta lomba dengan menggunakan mic.

b) Kriteria Penilaian

1. Format gerakan sesuai dengan urutan (Terlampir)
2. Ketentuan teknis PBB yang disesuaikan dengan pertemuan teknis (Technical Meeting).
3. Gerakan dilaksanakan secara berurutan berdasarkan susunan gerakan yang telah ditentukan.

4. Pengurangan nilai :

  • Kategori Pengurangan (poin)
  • Terlambat saat daftar ulang -1/menit
  • Kekurangan anggota saat tampil -50/orang
  • Mengganti anggota secara ilegal -50/orang
  • Peserta tidak mengikuti apel pembukaan -50/regu
  • Peserta tampil melebihi ketentuan waktu -1/detik
  • Peserta melewati garis batas -5/orang
  • Kekurangan kelengkapan administrasi setelah daftar ulang -10/atribut
  • Merusak infrastruktur yang ada di lingkungan perlombaan Mengganti dengan keadaan semula atau DISKUALIFIKASI

5. Ketentuan Protes
• Peserta atau pelatih dapat mengajukan kritik maupun saran setelah acara berlangsung
• Penyampaian kritik dan saran dilakukan secara baik dan sopan
• Dilarang keras membuat kericuhan

c) Tata Tertib

1. Peserta lomba wajib tiba di tempat perlombaan paling lambat 30 menit sebelum apel pembukaan dimulai.
2. Peserta lomba wajib mendaftar ulang sebelum apel pembukaan dimulai dan bagi peserta yang tidak mendaftar ulang dianggap didiskualifikasi.
3. Peserta, penonton, dan para undangan wajib menjaga ketertiban, keamanan, dan kebersihan area lomba.
4. Peserta dan para undangan wajib berpakaian rapi dan sopan.
5. Peserta lomba yang tidak mengikuti apel pembukaan dan penutup akan diberikan pengurangan nilai.
6. Peserta dan penonton dilarang memasuki daerah terlarang.
7. Peserta dan penonton dilarang keras membawa senjata tajam, miras dan narkoba dalam bentuk apapun.
8. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
9. Untuk apel, peserta dengan nomor urut 1-8 sudah mengenakan baju lomba.

d) Format Gerakan

 
1. GERAKAN DI TEMPAT

1     Sikap sempurna
2. Hormat
3. Istirahat di tempat
4. Periksa kerapihan
5. Setengah lengan lencang kanan/kiri
6. Lencang kanan/kiri
7. Hadap kanan
8. Lencang depan
9. Hadap kiri
10. Hadap serong kanan
11. Hadap serong kiri
12. Balik kanan
13. Balik kanan jalan di tempat

 2. GERAKAN BERPINDAH TEMPAT

1. langkah ke kanan
2. langkah ke belakang
3. langkah ke kiri
4. langkah ke depan


 3. GERAKAN BERHENTI KE BERJALAN

1. Langkah tegap
2. Langkah biasa
3. Langkah berlari
4. Langkah perlahan

 4.GERAKAN BERJALAN KE BERJALAN

1. Langkah tegap
2. Langkah biasa
3. Tiap-tiap banjar 2x belok kanan
4. Hormat kanan
5. Tiap-tiap banjar 2x belok kanan
6. Buka barisan
7. Tutup barisan
8. Balik kanan langkah biasa
9. Jalan ditempat
10. Hadap kanan henti
11. Bubar jalan

  
KETERANGAN DENAH LOKASI

Tempat DP – DP

DP I   : XII IS 3
DP II  : XII IS 1
DP III  : Depan Perpustakaan
DP IV  : Garis awal lapangan
Penenangan  : Kelas XI IS 1

Daerah Terlarang :
Gedung 2.
DP I
DP II
DP III 
Penenangan

Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah, Tata Usaha,
Aula, MABES OSIS,PASKIBRA,PRAMUKA.

Tempat Technical Meeting :
(Sesuai Jadwal TM)