Peraturan Lomba Voli

  • Posted on: 12 October 2015
  • By: Helmi Farid Fasya

PERATURAN KHUSUS :
1. Setiap tim diperkenankan maksimal 6 kali pergantian pemain dalam 1 set.
2. Setiap tim diperkenankan maks 2 kali time out dalam 1 set pertandingan dan ditambah dengan time out yang berlaku secara otomatis pada saat tim unggul mencapai 8 dan 16 (waktu time out adalah 60 detik).
3. Setiap pertandingan di mainkan dengan sistem 2 kali kemenangan pada babak penyisihan, sedangkan pada babak semifinal dan final dimainkan dengan sistem 3 kali kemenangan.
4. Apabila terjadi skor 1-1 atau 2-2 maka diadakan set penentuan yang menggunakan rally point dengan point kemenangan 15.
5. Peraturan pertandingan ini mengacu kepada peraturan PBVSI tahun 2001 dengan sistem rally point yang berakhir pada point 25, jika terjadi point sama 24-24 akan diadakan deuce untuk mencari kemenangan dengan selisih 2 angka.
6. Apabila 1 tim menolak untuk bermain setelah di panggil untuk melaksanakan pertandingan maka regu tersebut dinyatakan kalah dengan skor 0-2 untuk babak penyisihan dan 0-3 untuk babak semifinal dan final dengan point 0-25 untuk setiap set.
7. Melewati kedalam lapangan lawan melewati garis tengah.
   - Melewati atau menyentuh daerah lawan dengan 1 kaki (kedua-duanya) di perkenankan asalkan bahwa sebagian kaki atau tangan tersebut masih berada atau secara langsung diatas garis tengah.
   - Melewati atau menyentuh daerah lawan dengan bagian dari badan diperkenankan, asalkan kaki masih berada di lapangan sendiri dan tidak menggangu permainan lawan.
8. Peserta berasal dari satu sekolah yang sama dan berstatus aktif menjadi siswa di sekolah yang dinyatakan dengan surat keterangan Kepala Sekolah.
9. Apabila terdapat peserta yang berasal dari sekolah yang berbeda atau tidak berstatus aktif di sekolah yang mendaftar maka regu/tim sekolah tersebut akan di diskualifikasi.

PERATURAN UMUM :
1. Baju kostum pemain harus bernomor 1 sampai 18.
2. Kapten regu harus mempunyai tanda berupa garis yang berukuran 8x2 cm dibawah dari pada nomor yang berada di dada.
3. Kedua kapten tim atau pelatih (coach) bertanggung jawab atas perlakuan disiplin dari anggota timnya sebelum pertandingan atau 15 menit sebelum pertandingan berlangsung. Pelatih (coach) mendaftarkan atau mengecek nama-nama dan nomor punggung dari pemainnya dalam skor set.

PERATURAN TAMBAHAN :
1. Nomor punggung kaos boleh menggunakan apa saja agar tertera nomor 1-18 (dengan cara ditutupi atau ditulis sendiri) berlaku untuk pemain inti.
2. Peserta pada saat lomba wajib membawa raport karena bila terjadi kecurigaan terhadap peserta (baik yang sudah alumni/orang luar) raport dapat diserahkan sebagai bukti kebenaran jika dimintai. Selain raport peserta wajib menyerahkan kartu pelajar, bagi peserta yang belum memiliki kartu pelajar (kelas 7) dapat menggunakan surat keterangan dari Kepala Sekolah.
3. Pertandingan dilaksanakan dengan sistem gugur.
4. Tim yang tidak hadir tanpa keterangan akan di dinyatakan kalah WO (namun jika ada konfirmasi kepada panitia akan diberikan toleransi 15 menit dari waktu pertandingan).
5. Boleh menggunakan libero atau tidak jika sejak awal telah menggunakan libero maka untuk pertandingan berikutnya harus tetap menggunakannya.
6. Bagi identitas yang belum lengkap wajib di lengkapi sebelum pertandingan dimulai.
7. Yang diperbolehkan berada di Bench hanya pemain, pelatih, dan official.