- TEAM
- Tiap tim akan terdiri dari:
- Tidak lebih dari 12 anggota tim yang berhak untuk bermain, termasuk seorang kapten.
- Seorang pelatih kepala.
- Maksimal 8 anggota delegasi yang mendampingi, termasuk maksimal 2 asisten pelatih yang boleh duduk di bangku cadangan. Jika tim memiliki asisten pelatih, nama asisten pelatih pertama harus ditulis di dalam score-sheet.
- WAKTU PERMAINAN
Pertandingan akan terdiri dari 4 quarter dengan waktu masing-masing 10 menit, dengan pilihan
- Waktu Kotor kecuali 2 menit terakhir quarter 4 dan overtime bersih, jika waktu menunjukkan waktu 2 menit terakhir pada Q1,Q2 dan Q3 time out tidak diperkenankan.
- Waktu Semi bersih (time out dan free throw mati), kecuali 2 menit terakhir quarter 4 dan overtime bersih
- Waktu bersih (setiap ada call wasit waktu mati).
- SERAGAM
a) Seragam semua anggota tim harus terdiri dari:
- Kaos dengan warna dominan bagian depan dan belakang yang sama dengan celana pendek. Jika baju seragam berlengan ketat, itu harus berakhir di atas siku. Baju seragam lengan panjang ketat tidak diijinkan.
- Semua pemain harus memasukkan kaos ke dalam celana bermainnya. ‘All-in-one’ diperbolehkan.
- Kaos, terlepas dari segala gaya, tidak diperbolehkan untuk dipakai di dalam seragam.
- Celana pendek dengan warna dominan bagian depan dan belakang yang sama dengan kaos.
- Panjang celana pendek harus berakhir diatas lutut.
- Kaos kaki dengan warna dominan yang sama untuk semua anggota tim. Kaos kaki harus terlihat.
- Tim harus mempunyai minimal 2 set kaos tim dan:
- Tim yang disebut pertama dalam jadwal (tim tuan rumah) akan memakai kaos berwarna terang (sebaiknya putih).
- Tim yang disebut kedua dalam jadwal (tim tamu) akan memakai kaos berwarna gelap.
- Bagaimanapun juga jika kedua tim setuju, mereka boleh bertukar warna kaos.
- Selama pertandingan seorang pemain dapat menggunakan sepatu dengan kombinasi warna apapun, tetapi kiri dan kanan sepatunya harus sama. Tidak menyilaukan, bahan reflektif (lentur) atau hiasan lainnya diijinkan.
- Pemain tidak boleh memakai perlengkapan (benda-benda) yang dapat menyebabkan pemain lain cedera. Berikut ini tidak diijinkan:
- Pelindung, penguat atau pengikat jari, tangan, pergelangan tangan, sikut atau lengan bawah, pelindung kepala (helm) yang terbuat dari kulit, plastik lunak, logam atau bahan keras lainnya, walaupun ditutup dengan lapisan pengaman yang lunak.
- Benda-benda yang dapat melukai atau menyebabkan lecet (kuku tangan harus dipotong pendek) Asesoris rambut dan perhiasan. Berikut ini diijinkan:
- Perlengkapan pelindung bahu, lengan atas, paha atau kaki bagian bawah jika bahannya telah dilapisi pengaman dengan baik.
- Penutup lengan dan kaki berbahan ketat, Penutup kepala (head gear).
- Penutup kepala tidak boleh menutupi bagian wajah seluruhnya atau sebagian (mata, hidung, bibir dan lainnya) dan tidak membahayakan kepada pemain yang menggunakannya dan/atau kepada pemain-pemain lainnya.
- Penutup kepala tidak boleh terbuka atau menutupi sekitar bagian wajah dan/atau leher dan tidak boleh memiliki beberapa bagian yang melebihi dari permukaannya.
- Pengikatlutut jika ditutup sebagaimana mestinya, Pelindung untuk hidung yang cedera, walaupun terbuat dari bahan yang keras,
- Pelindung mulut transparan tak berwarna, Kacamata, membahayakan bagi pemain lain.
- Wristbands (gelang handuk) dan headbands (ikat kepala), berbahan kain lebarnya maksimal 10 cm, Taping untuk lengan, bahu, Pelindung pergelangan kaki.
- Semua pemain dalam suatu tim yang menggunakan penutup lengan dan Kaki berbahan ketat, penutup kepala, gelang handuk dan ikat kepala taping semuanya harus memiliki warna solid yang sama.
- KALAH BERTANDING KARENA FORFEIT (WO)
- Tim dinyatakan kalah dalam pertandingan dikarenakan forfeit jika:
- Tim tidak hadir atau tidak mampu menghadirkan 5 pemain yang siap untuk bermain 15 menit setelah jadwal pertandingan untuk dimulai.
- Tindakan tim tersebut mencegah pertandingan untuk dapat dimainkan, Menolak bermain setelah diinstruksikan untuk bermain oleh crew chief.
- MAKA Pertandingan akan dimenangkan oleh lawan dan angkanya akan 20 lawan 0 Selanjutnya, tim yang di-forfeit akan menerima angka 0 pada poin klasifikasi.
- KALAH BERTANDING KARENA DEFAULT
- Tim dinyatakan kalah dalam pertandingan dikarenakan Default jika:
- Jika tim yang dinyatakan menang sedang unggul, angkanya akan tetap seperti saat pertandingan dihentikan.
- Jika tim yang dinyatakan menang tidak unggul, angkanya akan dicatat 2 lawan 0 untuk kemenangannya.
- Tim yang di-default akan menerima satu 1 angka pada poin klasifikasi.
- TIME OUT
Masing-masing tim dapat diberikan:
- 2 time-outs pada babak pertama
- 3 time-outs pada babak kedua dengan maksimal 2 kali time-outs ketika jam pertandingan menunjukkan menit 2:00 atau kurang pada quarter ke-4.
- 1 time-out pada masing-masing overtime.
- Pada saat Q4 atau babak overtime dibawah 2 menit terakhir ketika pelatih meminta time out pelatih boleh menentukan lokasi bola saat lemparan kedalam.
- KLASIFIKASI TIM
- Jika ada 2 tim dalam satu grup memiliki nilai sama maka penentuan peringkat berdasarkan head to head ke dua tim
- Jika ada 3 tim dalam satu grup memiliki nilai sama maka penentuan peringkat
berdasarkan selisih points memasukan dikurang kemasukan diantara ketiganya, jika setelah dihitung memiliki selisih yang sama maka:
- Produktivitas points tertinggi diantara ketigannya, jika setelah dihitung memiliki produktivitas yang sama maka:
- Selisih points memasukan dikurang kemasukan disemua pertandingan digrup akan dihitung, jika masih sama maka:
- Produktivitas points tertinggi disemua pertandingan grup akan dihitung, jika masih sama maka akan ditentukan lewat undian.
- SITUASI KHUSUS
- apabila gangguan terjadi pada saat quarter I masih menunjukan menit 05:00 maka pertandingan akan ditunggu (selama yang panitia inginkan,berdasarkan kesepakatan saat TM),
- apabila sampai waktu yang disepakati gangguan belum selesai maka pertandingan akan dilanjutkan dengan dimulai dari awal layaknya pertandingan belum dilaksanakan.
- apabila gangguan terjadi pada saat quarter I menunjukan menit 04:59 sampai
dengan menit 05:00 pada quarter IV maka pertandingan akan ditunggu (selama yang panitia inginkan,berdasarkan kesepakatan saat TM), apabila sampai waktu yang disepakati gangguan belum selesai maka pertandingan akan dilanjutkan dengan skor dan waktu seperti pada saat pertandingan di hentikan.
- apabila gangguan terjadi pada saat quarter IV menunjukan menit 04:59 menit maka pertandingan akan ditunggu (selama yang panitia inginkan,berdasarkan kesepakatan saat TM), apabila sampai waktu yang disepakati gangguan belum selesai maka pertandingan akan dinyatakan selesai kecuali apabila pada saat dihentikan skor dalam situasi imbang maka akan mengikuti prosedur B.
- UNDIAN
- SISTEM GUGUR
- Apabila tim tuan rumah memiliki 2 team memungkinkan agar mereka berada di pool yang berbeda.
- Pastikan dan cek nomer undian untuk peserta dalam kondisi tertutup atau menggunakan berbentuk identik sama (untuk aspek keadilan) sudah tersedia dan pastikan tidak ada yang rangkap.
- Memeriksa daftar jumlah peserta dengan teliti dan memastikan peserta yang hadir.
- Membuat bagan pertandingan system gugur berdasarkan jumlah peserta.(liat diagram sistem gugur)
- Memanggil peserta atau perwakilan untuk mengambil undian berdasarkan daftar kehadiran.
- Round Robin (1/2 Kompetisi) yang terpenting dalam undian dengan system Round Robin adalah:
- Untuk sistem ini sejak awal harus ditentukan berapa peserta dalam setiap grup dan berapa tim yang akan lolos ke babak selanjutnya
- Setelah lolos dari babak grup harus ditentukan system crossingnya, siapa akan bertemu siapa pada babak selanjutnya harus ditentukan dan disepakati
- Setelah 2 poin diatas ditentukan dan disepakati undian penempatan peserta dalam pool dapat dilaksanakan.
- Pastikan dan cek nomer undian untuk peserta dalam kondisi tertutup atau menggunakan berbentuk identik sama (untuk aspek keadilan) sudah tersedia dan pastikan tidak ada yang rangkap.
- Memeriksa daftar jumlah peserta dengan teliti dan memastikan peserta yang hadir.
- Membuat pembagian grup berdasarkan jumlah peserta sesuai dengan ketentuan yang disepakati.
- Memanggil peserta atau perwakilan untuk mengambil undian berdasarkan daftar kehadiran
|